Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

Topik kita kali ini yakni Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?. Buat kamu yang punya hobi belanja dan keliling ke banyak lokasi untuk memuaskan hobinya tersebut, sekarang tidak perlu lagi repot untuk pergi keliling untuk mencari produk yang ingin dimiliki dan boleh jadi sedang trend karena Anda bisa melakukannya via online.

Berbelanja Online ternyata juga memberikan rasa kepuasan tersendiri yang bisa menyerupai ketika kita belanja via offline. Barang yang dibutuhan saat ini banyak terdapat di e-Commerce dengan sangat komplit. Di samping itu transaksi online banyak diburu orang sebab dalam melakukannya sangat mudah. Berbeda dengan saat belanja secara langsung yang terkadang mesti mengantri ketika hendak melakukan pembayaran.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

Akan tetapi, risiko dari transaksi online yang gampang ini, akan melahirkan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif. Belanja online emang tidak ada yang melarang, namun temen-temen kudu dapat mengendalikan hasrat belanja tersebut agar tak menyesal nantinya.

Selain mesti mengendalikan ambisi belanja, kawan-kawan pun mesti mengenal resiko-resiko lain ketika berbelanja. Berikut ini bahaya-bahaya yang Anda hadapi saat berbelanja online yakni sebagai berikut:

  • Penipuan karena melaksanakan pembayaran pada laman situs yang tidak aman dan memakai koneksi WiFi yang gak aman.
  • Website palsu, dan tawaran email buat layanan yang tidak ada.
  • Membeli barang tiruan.
  • Menerima barang dengan kualitas buruk.
  • Kehilangan uang saat melakukan pembayaran bank langsung buat barang yang gak pernah dikirim.
  • Mendapatkan barang yang enggak cocok dengan penjelasan pada iklan.
  • Menerima penawaran produk dengan harga tertentu berdasarkan informasi yang dikumpulkan penjual tentang kebiasaan transaksi online temen-temen dan situs yang dikunjungi.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

Berikut ini 12 tips cerdik dan aman buat temen-temen yang hobi transaksi online supaya gak tertipu yakni sebagai berikut :

1. Buatlah riset terhadap web tempat temen-temen berbelanja

Strategi ini mesti dilakukan apabila kawan-kawan kurang familiar dengan barang tersebut seperti berbelanja baju. Periksa nomor handphone si penjual dan hubungi. Seandainya gak meyakinkan, kunjungi mesin pencari seperti yahoo terus masukkan nama situs itu. Carilah komentar dari konsumen mereka. Kalau ada yang tak beres, udahlah, tinggalkan aja web itu.

2. Baca sungguh-sungguh prosedur situs terhadap data pribadi kawan-kawan dan lainnya

Jangan sampai di kebijakan itu terdapat poin yang menyebutkan bila pengelola situs boleh membagikan data pribadi ke pihak lain. Selain itu kawan-kawan juga mesti baca perihal kebijakan pemulangan produk. Karena barang yang dibeli enggak bisa dilihat secara fisik, mesti ada garansi jika produk yang dikirim cacat, kalian boleh mengirim produk tidak sesuai itu kembali dan tentu saja ditukar dengan barang baru atau uang kalian kembali.

3. Mengenali orisinalitas produk dengan mengamati dan membaca penjelasan produk tersebut

Ketika menetapkan buat berbelanja online, pastikan kalian mengonfirmasi perihal orisinalitas suatu barang yang kalian beli via online tersebut. Sebab produknya gak berbentuk secara langsung, maka kita dapat periksa ke outlet tertentu yang memperdagangkan merek tersebut.

Lalu Anda meminta nasihat outlet tersebut, tentang model barang yang kepingin temen-temen beli via online, jika emang original ciri-cirinya seperti apa. Curigailah pada produk bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

4. Membandingkan produk

Sebelum menetapkan untuk membeli sebuah produk via online di salah satu e-Commerce favorit, cobalah untuk membandingkan barangnya terlebih dahulu. Walaupun dijual via online, kita masih dapat membandingkan beberapa faktor, seperti apa ada gratis ongkos kirim, apa kualitasnya bagus, apa lagi menerima diskon.

kamu bisa memperoleh semua info tersebut di situs itu, atau bisa tanya pada pedagangnya langsung. Pastikan produk yang akhirnya dibeli yaitu produk yang memang lagi diinginkan.

5. Anggaran

Salah satu faktor urgen yang juga perlu kalian ketahui ketika belanja online yaitu anggaran yang perlu disiapkan. Orang yang mahir dalam mengelola finansialnya akan senantiasa menyusun bujet untuk kegiatan belanjanya, meskipun itu adalah berbelanja online. Coba cek bujet belanja buat bulan ini, apa mengalami peningkatan atau masih sama saja dengan sebelumnya.

6. Jangan gampang tergoda barang murah

Ketika belanja online kalian jangan cepat jatuh cinta pada tawaran produk dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari Anda. Hal itu biasanya kerjaan spammer.

Namun Anda kudu hati-hati, sebab spammer juga bisa merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya kamu kunjungi situs perusahaan itu dan langsung berbelanja darisana. Jangan lewat e-mail atau jendela pop-up.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

7. Amankan komputer temen-temen

Sedikitnya PC Anda harus mempunyai antivirus. Lebih baik lagi jika ada anti spyware dan firewall di PC Anda. Ingat, peranti lunak buat keamanan itu mesti terus di-update secara teratur agar laptop terjaga dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

8. Pertimbangkanlah cara pembayaran

Pembayaran untuk belanja online biasanya dilakukan dengan credit card. Dengan memakai credit card, kawan-kawan mempunyai bukti kuat jika kalian udah mengadakan transaksi. Tetapi, sebab banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD bisa dipertimbangkan.

9. Me-review

Faktor lainya yang juga penting untuk membeli barang secara online yaitu saling berdialog dengan kawan-kawan atau client lain dan saling menjalankan review masing-masing. Dengan begitu kita juga bisa mengenal mutu produk secara umum. Ketika ini, aktivitas me-review juga udah banyak dilakoni orang sebagai pendapatan sehari-hari.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

10. Periksa kembali pesanan

Sebelum melaksanakan konfirmasi pembayaran, hendaknya Anda pakailah waktu buat melakukan verifikasi pada orderan yang udah kalian pesan via online. Lakukan pemeriksaan terhadap ukuran, harga, mutu barang dan juga kuantitasnya. Jangan sampai ketika produk sudah di tangan, ternyata produk tersebut gak sesuai harapan.

11. Simpan bukti transaksi

Dalam hal ini termasuk gambaran barang dan harga, tanda pembayaran digital, dan juga arsip e-mail antara kawan-kawan dengan penjual.

12. Matikan laptop temen-temen selesai transaksi

Bila PC dinyalakan terus, dapat aja sudah ada pencuri yang sudah menanamkan virus, mengambil alih kendali laptop dan melaksanakan transaksi.

Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?

Jadilah Klien Online yang Cerdas

Kesenangan dalam berbelanja online juga harus senantiasa pandai, jangan sampai sembrono saat berbelanja tanpa mengawasi kualitas barangnya, kendati ini dibeli secara online. Hindari timbulnya penipuan ketika belanja online hanya sebab harga yang murah dan jenis barang yang lagi trending ketika ini. Belanja online dengan lebih pintar dan bijaksana tentunya.

Sekian informasi tentang Belanja Online Di Tokopedia, Apa Benar Aman Dan Terpercaya?, semoga post kali ini membantu kawan-kawan. Mohon artikel ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...