Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

Pembahasan kita sekarang yaitu Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu. Bagi kawan-kawan yang mempunyai hobi berbelanja dan keliling ke banyak tempat untuk memuaskan hobinya tersebut, kini enggak perlu lagi susah-susah untuk pergi keliling buat berburu produk yang hendak dimiliki dan boleh jadi sedang trend karena kamu bisa melaksanakannya secara online.

Berbelanja Online ternyata juga memberikan rasa kesenangan tersendiri yang bisa menyamai ketika kita transaksi via offline. Barang yang dibutuhan saat ini banyak tersedia di e-Commerce dengan amat komplit. Selain itu belanja online banyak diincar orang sebab dalam melakukannya amat gampang. Beda dengan saat belanja secara langsung yang adakalanya harus antri saat akan melaksanakan pembayaran.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

Tetapi, efek dari berbelanja online yang gampang ini, bakal melahirkan seseorang berkembang menjadi pribadi yang konsumtif. Transaksi online memang enggak ada yang melarang, tetapi Anda kudu dapat mengontrol hasrat belanja tersebut supaya tak kecewa nantinya.

Selain mesti mengendalikan keinginan berbelanja, kalian juga mesti mengenal bahaya-bahaya lain ketika belanja. Berikut ini beberapa risiko yang kawan-kawan hadapi ketika belanja online yaitu sebagai berikut:

  • Penipuan karena melakukan pembayaran pada halaman situs yang gak aman dan menggunakan koneksi WiFi yang gak aman.
  • Situs tiruan, dan tawaran email untuk layanan yang enggak ada.
  • Membeli barang tiruan.
  • Mendapatkan produk dengan kualitas buruk.
  • Kecurian uang ketika melaksanakan pembayaran bank langsung untuk produk yang gak pernah dikirim.
  • Mendapatkan layanan yang tidak sesuai dengan penjelasan pada iklan.
  • Memperoleh penawaran produk dengan harga tertentu berdasarkan informasi yang dikumpulkan penjual tentang kebiasaan berbelanja online temen-temen dan website yang dikunjungi.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

Berikut ini dua belas tips pintar dan aman untuk kamu yang suka berbelanja online supaya tidak tertipu yaitu sebagai berikut :

1. Buatlah penelitian terhadap website tempat kalian belanja

Cara ini kudu dilakukan apabila temen-temen kurang familiar dengan barang tersebut seperti belanja pakaian. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Apabila enggak kredible, kunjungi mesin pencari seperti yahoo lalu masukkan nama web itu. Carilah ulasan dari klien mereka. Kalau ada yang enggak benar, sudahlah, tinggalkan aja situs itu.

2. Baca baik-baik prosedur situs terhadap data pribadi temen-temen dan lainnya

Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan apabila pengelola situs boleh menyerahkan data pribadi ke pihak lain. Selain itu temen-temen juga harus baca perihal kebijakan retur barang. Sebab barang yang dibeli enggak dapat dilihat secara fisik, mesti ada garansi jika barang yang dikirim tidak sesuai, Anda boleh mengirim produk tidak sesuai itu kembali dan tentu aja ditukar dengan produk baru atau uang Anda kembali.

3. Kenali keaslian barang dengan mengecek dan membaca penjelasan barang tersebut

Saat menetapkan buat berbelanja online, pastikan kamu mengonfirmasi mengenai keaslian suatu barang yang kamu beli secara online tersebut. Karena barangnya tidak berwujud secara langsung, maka kita bisa periksa ke outlet tertentu yang menjajakan merek tersebut.

Kemudian Anda meminta nasihat outlet tersebut, tentang model barang yang ingin temen-temen beli secara online, jika emang asli ciri-cirinya seperti apa. Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan discount yang sangat besar.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

4. Membandingkan produk

Sebelum mengambil keputusan buat membeli sebuah barang secara online di salah satu e-Commerce favorit, cobalah buat membandingkan produknya terlebih dulu. Meskipun dijual via online, kita masih bisa membandingkan beberapa faktor, seperti apa ada free ongkir, apa kualitasnya bagus, apakah sedang memperoleh diskon.

Anda dapat mendapat semua informasi tersebut di web itu, atau dapat bertanya pada penjualnya langsung. Pastikan produk yang akhirnya dibeli yaitu barang yang memang lagi diinginkan.

5. budget

Salah satu faktor krusial yang juga kudu kawan-kawan ketahui ketika belanja online yaitu bujet yang mesti disiapkan. Orang yang pandai dalam mengatur keuanganya bakal senantiasa membuat budget buat kegiatan belanjanya, meskipun itu yakni belanja online. Coba cek budget belanja buat bulan ini, apakah mengalami penambahan atau masih sama aja dengan sebelumnya.

6. Jangan gampang tertarik produk murah

Saat belanja online kalian jangan lekas jatuh cinta pada tawaran produk dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan sandi tanpa izin dari kamu. Hal itu lazimnya kerjaan spammer.

Namun kawan-kawan harus hati-hati, sebab spammer juga bisa merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Seharusnya temen-temen kunjungi website perusahaan itu dan langsung belanja darisana. Jangan lewat e-mail atau jendela pop-up.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

7. Amankan gadget Anda

Sekurang-kurangnya komputer kalian kudu punya antivirus. Lebih baik lagi seandainya ada anti spyware dan firewall di laptop kamu. Ingat, peranti lunak untuk keamanan itu kudu terus di-update secara teratur agar gadget selamat dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

8. Pertimbangkanlah model pembayaran

Pembayaran untuk belanja online umumnya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan memanfaatkan credit card, kamu punya bukti kuat seandainya temen-temen udah melakukan transaksi. Akan tetapi, karena banyaknya pembajakan nomor credit card, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.

9. Me-review

Faktor lainya yang juga krusial buat membeli barang via online ialah saling bercakap-cakap dengan kawan-kawan atau customer lain dan saling mengadakan review masing-masing. Dengan begitu kita juga dapat mengenal mutu produk secara umum. Saat ini, pekerjaan me-review juga udah banyak dilakoni orang sebagai penghasilan sehari-hari.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

10. Cek kembali pesanan

Sebelum melaksanakan konfirmasi pembayaran, seharusnya Anda pakailah waktu buat mengadakan pemeriksaan pada pesanan yang udah temen-temen order lewat online. Lakukan pengecekan pada ukuran, harga, kualitas barang dan juga jumlahnya. Jangan sampai ketika barang udah di tangan, ternyata barang tersebut tak sesuai harapan.

11. Simpan bukti transaksi

Dalam hal ini termasuk penjelasan barang dan harga, tanda pembayaran digital, dan juga duplikat e-mail antara Anda dengan penjual.

12. Matikan PC Anda sesudah transaksi

Seandainya gadget dinyalakan terus, dapat aja udah ada pencuri yang sudah memasukkan malware, mengambil alih kendali gadget dan melangsungkan transaksi.

Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu

Jadilah Konsumen Online yang Pandai

Kegemaran dalam berbelanja online juga harus senantiasa pandai, jangan sampai sembarangan saat berbelanja tanpa memperhatikan mutu barangnya, meskipun ini dibeli secara online. Hindari adanya penipuan saat berbelanja online hanya karena harga yang murah dan jenis produk yang sedang trending ketika ini. Berbelanja online dengan lebih pandai dan cermat tentunya.

Sekian informasi mengenai Siasat Terbaru Belanja Online Yang Baik Supaya Tidak Tertipu, saya harap post ini membantu kalian. Mohon post ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...