Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

Di artikel ini saya akan jelaskan mengenai Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu. Untuk Anda yang memiliki kegemaran berbelanja dan keliling ke banyak lokasi buat memuaskan hobinya tersebut, sekarang tidak perlu lagi susah-susah untuk berangkat keliling buat mencari barang yang hendak dimiliki dan barangkali lagi trend karena Anda bisa melaksanakannya via online.

Berbelanja Online ternyata juga memberikan rasa kesenangan tersendiri yang dapat menyerupai saat kita belanja secara offline. Barang yang diinginkan saat ini banyak tersaji di e-Commerce dengan amat lengkap. Di samping itu transaksi online banyak dipilih orang sebab dalam melakukannya sangat mudah. Berbeda dengan saat berbelanja secara langsung yang adakalanya kudu mengantri ketika akan melakukan pembayaran.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

Akan tetapi, risiko dari berbelanja online yang mudah ini, bakal melahirkan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif. Transaksi online emang tidak ada yang melarang, namun Anda harus bisa menahan ambisi belanja tersebut agar gak menyesal nantinya.

Selain harus mengontrol kemauan belanja, temen-temen juga kudu mengetahui risiko-risiko lain ketika berbelanja. Berikut ini resiko-resiko yang kalian hadapi saat belanja online ialah sebagai berikut:

  • Penipuan karena melaksanakan pembayaran pada laman website yang enggak aman dan menggunakan koneksi WiFi yang tidak aman.
  • Website palsu, dan tawaran email untuk layanan yang enggak ada.
  • Berbelanja produk tiruan.
  • Memperoleh barang dengan kualitas buruk.
  • Kecurian uang ketika melaksanakan pembayaran bank langsung untuk produk yang gak pernah dikirim.
  • Menerima produk yang tidak sesuai dengan deskripsi pada iklan.
  • Menerima penawaran produk dengan harga tertentu berdasarkan informasi yang dikumpulkan penjual mengenai kebiasaan belanja online Anda dan web yang dikunjungi.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

Berikut ini 12 cara cerdas dan aman buat temen-temen yang hobi transaksi online supaya tidak tertipu ialah sebagai berikut :

1. Buatlah eksperimen terhadap situs tempat Anda belanja

Siasat ini kudu dilakukan seandainya kawan-kawan kurang familiar dengan barang tersebut seperti belanja pakaian. Cek nomor handphone si penjual dan hubungi. Kalau gak meyakinkan, kunjungi search engine seperti Google lantas masukkan nama situs itu. Carilah komentar dari customer mereka. Bila ada yang enggak beres, udahlah, tinggalkan aja situs itu.

2. Baca sungguh-sungguh prosedur website terhadap data pribadi kamu dan lainnya

Jangan sampai di prosedur itu terdapat poin yang menyebutkan apabila pemilik situs boleh menyerahkan data pribadi ke pihak lain. Selain itu kawan-kawan juga harus baca tentang peraturan retur produk. Sebab barang yang dibeli enggak bisa dilihat secara fisik, kudu ada garansi apabila barang yang dikirim tidak sesuai, kawan-kawan boleh mengirim produk cacat itu kembali dan tentu aja diganti dengan barang baru atau uang temen-temen kembali.

3. Kenali keaslian barang dengan mempelajari dan membaca pemaparan barang tersebut

Saat menetapkan untuk belanja online, pastikan kamu mengonfirmasi mengenai orisinalitas suatu produk yang kamu beli secara online tersebut. Karena produknya enggak berbentuk secara langsung, maka kita dapat periksa ke outlet tertentu yang menjajakan merek tersebut.

Lalu kalian meminta nasihat outlet tersebut, mengenai model produk yang hendak Anda beli via online, jika emang original ciri-cirinya seperti apa. Curigailah pada produk bermerek yang dijual dengan discount yang sangat besar.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

4. Membandingkan barang

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang secara online di salah satu e-Commerce favorit, cobalah untuk membandingkan barangnya lebih dahulu. Walaupun dijual via online, kita masih bisa membandingkan beberapa faktor, seperti apa ada free ongkir, apa mutunya bagus, apa lagi memperoleh potongan harga.

temen-temen dapat mendapatkan semua info tersebut di situs itu, atau dapat bertanya pada pedagangnya langsung. Pastikan barang yang akhirnya dibeli adalah barang yang emang sedang diinginkan.

5. Anggaran

Salah satu faktor urgen yang juga kudu kamu ketahui ketika belanja online yakni bujet yang perlu disiapkan. Orang yang pandai dalam mengatur keuanganya akan senantiasa merancang budget buat aktivitas belanjanya, meskipun itu ialah belanja online. Coba cek bujet belanja untuk bulan ini, apa mengalami kenaikan atau masih sama saja dengan sebelumnya.

6. Jangan mudah terpengaruh barang murah

Ketika belanja online kalian jangan lekas jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari kalian. Hal itu kebanyakan kerjaan spammer.

Tapi Anda kudu hati-hati, karena spammer juga bisa merayu. Ia mengirim e-mail yang seakan-akan datang dari perusahaan baik-baik. Hendaknya Anda kunjungi situs perusahaan itu dan langsung belanja darisana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

7. Amankan komputer temen-temen

Minimum laptop kalian harus memiliki antivirus. Lebih baik lagi seandainya ada anti spyware dan firewall di laptop kalian. Ingat, software untuk keamanan itu kudu senantiasa di-update secara teratur agar PC selamat dari ancaman terbaru. Baiknya, setting aja proses update secara otomatis.

8. Pertimbangkanlah sistem pembayaran

Pembayaran untuk belanja online lazimnya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda punya bukti kuat jika Anda udah menjalankan transaksi. Akan tetapi, sebab banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan memakai sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.

9. Me-review

Faktor lainya yang juga urgen untuk membeli barang via online adalah saling berbincang dengan kawan-kawan atau client lain dan saling melaksanakan review masing-masing. Dengan begitu kita juga dapat mengerti kualitas barang secara umum. Saat ini, pekerjaan me-review juga udah banyak dilakoni orang sebagai penghasilan sehari-hari.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

10. Periksa kembali pesanan

Sebelum mengadakan konfirmasi pembayaran, seharusnya kalian gunakan waktu buat menjalankan pemeriksaan terhadap pesanan yang udah kamu pesan secara online. Lakukan verifikasi terhadap ukuran, harga, kualitas produk dan juga jumlahnya. Jangan sampai ketika barang sudah di tangan, ternyata produk tersebut enggak sesuai harapan.

11. Simpan bukti transaksi

Dalam hal ini termasuk deskripsi barang dan harga, tanda pembayaran digital, dan juga arsip e-mail antara kawan-kawan dengan penjual.

12. Matikan gadget Anda setelah transaksi

Apabila komputer dinyalakan terus, bisa aja udah ada pembajak yang udah memasukkan malware, mengambil alih kendali komputer dan melaksanakan transaksi.

Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu

Jadilah Konsumen Online yang Cerdas

Kesenangan dalam berbelanja online juga kudu senantiasa cerdas, jangan sampai sembarangan saat berbelanja tanpa memperhatikan mutu barangnya, kendati ini dibeli via online. Hindari adanya penipuan saat berbelanja online cuma karena harga yang murah dan jenis barang yang sedang trending saat ini. Belanja online dengan lebih cerdas dan bijak tentunya.

Sekian info terkait dengan Tips Teranyar Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Ketipu, kami harap artikel ini mencerahkan kamu. Mohon post ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...