Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

Di postingan ini kami akan bahas tentang Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?. Bagi kawan-kawan yang memiliki kegemaran berbelanja dan keliling ke banyak lokasi buat melampiaskan hobinya tersebut, kini gak perlu lagi susah-susah buat pergi keliling untuk mencari barang yang mau dimiliki dan mungkin sedang trend karena Anda bisa melaksanakannya secara online.

Transaksi Online ternyata juga memberikan rasa kesenangan tersendiri yang bisa menyamai saat kita berbelanja secara offline. Produk yang dibutuhan kini banyak tersedia di e-Commerce dengan amat komplit. Selain itu berbelanja online banyak diincar orang sebab dalam melakukannya amat mudah. Beda dengan saat transaksi secara langsung yang adakalanya mesti antri ketika akan melakukan pembayaran.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

Tapi, risiko dari berbelanja online yang mudah ini, bakal menimbulkan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif. Transaksi online memang enggak ada yang melarang, tapi temen-temen kudu bisa mengontrol ambisi berbelanja tersebut agar tidak kecewa di kemudian hari.

Selain kudu mengontrol keinginan belanja, temen-temen pun mesti mengetahui risiko-risiko lain saat belanja. Berikut ini beberapa risiko yang kawan-kawan hadapi saat belanja online adalah sebagai berikut:

  • Penipuan akibat melakukan pembayaran pada halaman website yang gak aman dan memakai koneksi WiFi yang tak aman.
  • Situs tiruan, dan tawaran email untuk layanan yang enggak ada.
  • Berbelanja produk tiruan.
  • Mendapat produk dengan kualitas jelek.
  • Kecolongan uang saat melakukan pembayaran bank langsung untuk produk yang tak pernah dikirim.
  • Memperoleh barang yang tak cocok dengan deskripsi pada iklan.
  • Mendapat penawaran barang dengan harga tertentu berdasarkan informasi yang dikumpulkan penjual perihal kebiasaan transaksi online kamu dan website yang dikunjungi.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

Berikut ini 12 cara cerdas dan aman buat kawan-kawan yang suka transaksi online agar enggak ketipu yaitu sebagai berikut :

1. Buatlah eksperimen terhadap web tempat Anda berbelanja

Tips ini harus dilakukan kalau kalian kurang familiar dengan produk tersebut seperti berbelanja busana. Cek nomor telepon si penjual dan hubungi. Jika tak meyakinkan, kunjungi search engine seperti yahoo kemudian masukkan nama website itu. Carilah komentar dari klien mereka. Bila ada yang tak beres, udahlah, tinggalkan saja web itu.

2. Baca baik-baik peraturan web terhadap data pribadi temen-temen dan lainnya

Jangan sampai di prosedur itu ada poin yang menyebutkan jika pemilik web boleh membagikan data pribadi ke pihak lain. Selain itu kamu juga harus baca perihal peraturan retur produk. Sebab produk yang dibeli tak bisa dilihat secara fisik, kudu ada garansi seandainya barang yang dikirim rusak, Anda boleh mengirim produk rusak itu kembali dan tentu saja ditukar dengan produk baru atau uang kalian kembali.

3. Kenali keaslian barang dengan mempelajari dan membaca uraian produk tersebut

Ketika mengambil keputusan buat berbelanja online, pastikan kamu mengecek tentang orisinalitas suatu barang yang kawan-kawan beli via online tersebut. Karena barangnya gak berwujud secara langsung, maka kita dapat periksa ke outlet tertentu yang menjual merek tersebut.

Lalu kalian meminta nasihat outlet tersebut, perihal model produk yang ingin kawan-kawan beli via online, jika emang asli ciri-cirinya seperti apa. Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

4. Membandingkan barang

Sebelum memutuskan buat membeli sebuah barang via online di salah satu e-Commerce favorit, cobalah untuk membandingkan produknya lebih dulu. Walaupun dijual via online, kita masih dapat membandingkan beberapa faktor, seperti apa ada free ongkos kirim, apakah mutunya bagus, apa lagi memperoleh diskon.

Anda dapat mendapatkan semua informasi tersebut di website itu, atau bisa tanya kepada penjualnya langsung. Pastikan barang yang akhirnya dibeli adalah barang yang emang lagi diinginkan.

5. budget

Salah satu faktor penting yang juga mesti kawan-kawan ketahui saat belanja online adalah budget yang mesti disiapkan. Orang yang cerdik dalam mengelola keuanganya bakal senantiasa menyusun bujet untuk aktivitas berbelanjanya, sekalipun itu yaitu berbelanja online. Coba cek bujet belanja untuk bulan ini, apakah mengalami kenaikan atau masih sama aja dengan sebelumnya.

6. Jangan gampang tertarik barang murah

Saat belanja online kalian jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran produk dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan sandi tanpa izin dari temen-temen. Hal itu kebanyakan kerjaan spammer.

Tetapi kawan-kawan mesti hati-hati, sebab spammer juga bisa merayu. Ia mengirim e-mail yang seakan-akan datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya kalian kunjungi web perusahaan itu dan langsung berbelanja darisana. Jangan lewat e-mail atau jendela pop-up.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

7. Amankan laptop kalian

Sedikit-sedikitnya PC Anda harus memiliki antivirus. Lebih baik lagi apabila ada anti spyware dan firewall di komputer kamu. Ingat, software buat keamanan itu kudu senantiasa di-update secara teratur supaya komputer terjaga dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

8. Pertimbangkanlah model pembayaran

Pembayaran buat belanja online lazimnya dilakukan dengan credit card. Dengan memanfaatkan kartu kredit, temen-temen mempunyai bukti kuat seandainya kamu sudah melaksanakan transaksi. Akan tetapi, sebab banyaknya penggelapan nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD bisa dipertimbangkan.

9. Me-review

Faktor lainya yang juga krusial untuk membeli produk via online ialah saling ngobrol dengan teman-teman atau customer lain dan saling melakukan review masing-masing. Dengan begitu kita juga bisa mengerti kualitas produk secara umum. Saat ini, kesibukan me-review juga udah banyak dilakoni orang sebagai penghasilan sehari-hari.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

10. Cek kembali orderan

Sebelum melaksanakan konfirmasi pembayaran, hendaknya kalian pakailah waktu untuk mengadakan verifikasi terhadap orderan yang sudah kawan-kawan pesan lewat online. Lakukan verifikasi pada ukuran, harga, mutu barang dan juga kuantitasnya. Jangan sampai ketika barang udah di tangan, ternyata produk tersebut gak sesuai harapan.

11. Simpan bukti transaksi

Dalam hal ini termasuk deskripsi produk dan harga, tanda pembayaran digital, dan juga arsip e-mail antara kawan-kawan dengan pedagang.

12. Matikan komputer kalian setelah transaksi

Kalau komputer dinyalakan terus, bisa aja udah ada pembajak yang sudah menanamkan virus, mengambil alih kendali laptop dan melaksanakan transaksi.

Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?

Jadilah Klien Online yang Pintar

Kegemaran dalam belanja online juga mesti senantiasa pintar, jangan sampai teledor saat berbelanja tanpa mencermati mutu barangnya, meski ini dibeli secara online. Hindari adanya penipuan ketika belanja online hanya karena harga yang murah dan jenis barang yang lagi trending ketika ini. Belanja online dengan lebih cerdas dan bijak tentunya.

Sekian info berkaitan dengan Transaksi Online Di Instagram, Benar gak sih Aman Dan Terpercaya?, kami harap postingan ini bermanfaat buat kamu. Kami Berharap artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...